Sabtu, 24 Mei 2014

Chat Time with Marini Susanty Isa

Assalamu alaikum, teman-teman…
Udah lama banget blog kita nggak terisi. Nah, kali ini mimin mau ngasih hasil ngobrol sama salah satu bintang iklan bimbingan belajar Brilliant nih, Marini Susanty Isa alias Marini alias Mars alias Marin.

Hai Marin!
Haloo Dengar-dengar kamu mau ke Vietnam dan Jepang, ya?

Bisa ceritain nggak bagaimana awalnya bisa dapat kesempatan ke 2 negara itu?
Kalau yang Vietnam itu awalnya karena aku gabung di AIESEC, organisasi terbesar yang di-run oleh mahasiswa sedunia. Kebetulan di Bandung ada dan aku melamar jadi member. Akhirnya aku masukin esai dan cv, lalu diajak interview. Katanya diterima tapi belum jadi member. Nah, syarat untuk jadi member itu kita harus exchange dulu. Aku apply project dan akhirnya dapat di Hanoi.


Bisa dijelaskan AIESEC itu seperti apa?
AIESEC itu nonprofit organization yang di-run oleh mahasiswa sedunia. Biasanya ada local committee di setiap kampus. Tapi kebetulan di Bandung dijadikan satu untuk semua universitas. Jadi kita lebih kenal anak-anak kampus lain. Sering juga diadakan conference se-Indonesia. Bahasannya tentang isu-isu sosial, seperti pendidikan, ekonomi, dan leadership. Intinya, kita dibentuk supaya bisa memberi impact yang positif untuk lingkungan. Makanya di exchange itu aku nggak liburan, tapi kerja di suatu proyek sosial. Kalau mau info lengkap, buka di aiesec.org


Project apa yang kamu apply untuk jadi member AIESEC?
Aku apply ke 2 project, project anak autis di China dan summer camp di Hanoi. Alhamdulillah dua-duanya diterima, tapi akhirnya aku pilih Hanoi. Soalnya aku prefer ke summer camp. Aku takut nanti malah salah ngasuh anak-anak autis, nanti kasihan juga mereka. Kalau di summer camp nanti aku jadi pembicara untuk anak-anak umur 8-14 tahun.

Ok nice, sekarang ceritakan tentang rencana kamu ke Jepang itu dong…
Aku ikut programnya Badan Ristek yang link-nya di-share Imy (Ishmi Nabila) di grup WhatsApp Mizumouza. Sebenarnya itu buat anak-anak arsitektur dan tata kota, tapi aku nekat daftar. Dan pengumuman bulan April aku nggak lulus. Menangis deh akhirnya. Tapi akhirnya diikhlaskan juga. Lalu, keajaiban datang. Katanya dibuka kategori anak sains dan teknik. Sudah tidak dibuka pendaftaran lagi, tapi langsung diseleksi dari berkas-berkas yang sudah masuk kemarin, hihihi. Untung kemarin aku modal nekat, kalau enggak pasti menyesal sekaaaaali nggak kirim formulir. 


Ceritakan proses daftar sampai terpilihnya dong… 

Daftarnya itu nyerahin berkas-berkas yang diminta, membuat semacam esai/paper dan menjawab pertanyaan mereka di entry form. Tanggal 20 Mei kemarin pengumuman dan Alhamdulillah diterima


Kamu buat paper tentang apa?
Tentang pandangan aku tentang Indonesia dan Jepang.

Oke terakhir, mau minta tips dong buat yang pengen dapat program ke luar negeri seperti kamu…
Rajin-rajin browsing. Kalau ada persyaratan yang kelihatannya nggak mungkin tetap coba saja. Kita, kan nggak tahu ke depannya, siapa tahu rezeki. Terus niatnya dilurusin. Kalau aku kemarin niatin untuk papaku. Aku pernah mikir kalau aku nggak pernah ngasih kesan yang bagus ke papaku.

Oke, makasih Marin…
Yoaaaaii

Nah, bulan Juni ini Marini akan terbang ke Vietnam dan menjalankan project summer camp-nya selama sebulan nih. September dia akan terbang lagi ke Jepang selama 9 hari. Mari kita doakan teman kita selamat sampai pulang lagi ke Indonesia dan proyek-proyeknya sukses! Marini sudah shining nih, kamu kapan? (yang nulis juga kapan? Huhuhu...)

Oh iya, Marini punya blog juga loh, namanya OCEANUT

Buat anak Mizumouza yang punya info anggota yang shining juga, infoin aja ya, lewat sosmed apapun. Pasti banyak kan yang shining. Atau kamu mau nulis sendiri? Boleh banget! Tinggal kirimin aja artikel kalian ke miumouza14@gmail.com. We’re waiting, Guys! Keep shining, shimmering, splendid! (Aladdin mode is on)

Wassalamu alaikum…

3 komentar: